2 Jenis Teknik Copywriting yang Perlu Kamu Ketahui



Sudah tidak asing lagi istilah copywriting dalam dunia bisnis, apalagi saat ini bisnis telah menguasai dunia online. Anda dapat menemukan marketplace online di beberapa aplikasi dan website.

Dalam membangun bisnis yang menjual produk atau jasa, sudah barang tentu copywriting ikut andil dalam peningkatan penjualan dan kenaikan omzet sang pemilik bisnis. Meski begitu, belum semua bisnis online menggunakan teknik copywriting yang baik dan benar

Dalam sebuah webinar diskusi yang diprakarsai oleh Indari Mastuti selaku founder dan CEO Indscript Creative, ia mengajak para ibu-ibu yang ikut dalam komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis, yang berada di bawah payung besar Indscript Creative untuk belajar teknik copywriting.

Sebelum saya menuliskan 2 teknik copywriting, ada baiknya saya menuliskan arti dari copywriting.

Apa Itu Copywriting?

Dalam dunia bisnis online, istilah copywriting erat kaitannya dengan metode penjualan. Copywriting adalah cara memasarkan produk secara internet atau dalam bahasa sederhananya adalah digital marketing.

Nah, kalau mendengar istilah digital marketing sudah tidak bingung lagi yaaa. Namun demikian, copywriting juga ada tekniknya, lho! Jadi, meskipun berjualan secara online, seorang copywriter juga harus memikirkan kalimat seperti apa yang mampu mengajak para konsumen untuk membeli produknya. Jika perlu, membuat para calon konsumen merasa harus membeli produk atau jasa tersebut.

Indari Mastuti selaku founder dan CEO Indscript Creative Bandung melakukan webinar bersama Sashica Aurelia yang mana para pesertanya adalah ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis.

Sang pembicara, Sashica Aurelia, memberikan ilmu baru kepada para ibu-ibu yang memiliki usaha online tentang teknik copywriting. Apa saja tekniknya? Yuk simak sampai akhir!

Dalam teknik marketing secara digital diperlukannya teknik menulis untuk memasarkan produk. Penulisan untuk memasarkan produk ini perlu dipelajari agar calon konsumen tidak kebingungan dan merasa butuh untuk membeli produk.

Call To Action

Teknik copywrting yang pertama ini sudah banyak digunakan oleh para copywriter atau pemilik bisnis online. Teknik call to action adalah cara penulisan untuk memancing respon calon konsumen mengunjungi website, laman, atau toko online milik pebisnis. Ada banyak kalimat yang biasanya dipakai, seperti:

  • ·         Untuk informasi lebih lanjut klik link di bio.
  • ·         Silakan hubungi nomor WA untuk detil produk.
  • ·         Kamu bisa konsultasi melalui telegram.
  • ·         Untuk katalog lengkap produk, silakan kunjungi website kami.

Kalimat ajakan seperti contoh di atas adalah teknik copywriting call to action. Mengajak calon konsumen untuk mengunjungi link, website, WA. Teknik ini lebih sering kita jumpai di gerai online langganan kan.

Call To Value

Tidak semua pebisnis online menggunakan teknik copywriting yang kedua ini, call to value. Teknik ini adalah cara seorang copywriter menjelaskan kepada calon konsumen mengenai fungsi, keunggulan, dan pemecahan permasalahan yang dihadapi oleh calon pembeli.

Dengan teknik ini, calon konsumen bisa saja merasa sangat membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan. Teknik call to value ini tidak kalah penting, lho! Memberikan edukasi kepada para calon konsumen melalui sebuah tulisan sehingga calon konsumen tidak ragu untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  • ·         Pekerjaan yang menyita waktu seringkali membuat kita tidak melakukan olahraga secara rutin. Kini dengan hadirnya produk dari kami, Anda tidak perlu lagi khawatir.
  • ·         Lupakan cara diet yang menyengsarakan. Produk kami dapat membantu menurukan berat badan Anda dengan cara yang menyenangkan.

Nah, itu adalah contoh dari teknik call to value. Jika, Anda merasa bingung dan kurang mahir dalam menuliskan kalimat yang baik dan benar dalam hal copywriting, tidak ada salahnya jika Anda menyewa jasa copywriter seperti yang disediakan oleh Indscript Creative Bandung. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Investasi Ilmu, Emang Ada?

Tiga Poin Terakhir dalam Journal Activities

Indscript Creative dalam Sosial Media