2 Jenis Teknik Copywriting yang Perlu Kamu Ketahui
Sudah tidak
asing lagi istilah copywriting dalam dunia bisnis, apalagi saat ini bisnis
telah menguasai dunia online. Anda dapat menemukan marketplace online di beberapa
aplikasi dan website.
Dalam membangun
bisnis yang menjual produk atau jasa, sudah barang tentu copywriting ikut andil
dalam peningkatan penjualan dan kenaikan omzet sang pemilik bisnis. Meski begitu,
belum semua bisnis online menggunakan teknik copywriting yang baik dan benar
Dalam sebuah webinar
diskusi yang diprakarsai oleh Indari Mastuti selaku founder dan CEO Indscript
Creative, ia mengajak para ibu-ibu yang ikut dalam komunitas Ibu-Ibu Doyan
Bisnis, yang berada di bawah payung besar Indscript Creative untuk belajar teknik
copywriting.
Sebelum saya menuliskan
2 teknik copywriting, ada baiknya saya menuliskan arti dari copywriting.
Apa Itu Copywriting?
Dalam dunia
bisnis online, istilah copywriting erat kaitannya dengan metode penjualan. Copywriting
adalah cara memasarkan produk secara internet atau dalam bahasa sederhananya adalah
digital marketing.
Nah, kalau
mendengar istilah digital marketing sudah tidak bingung lagi yaaa. Namun demikian,
copywriting juga ada tekniknya, lho! Jadi, meskipun berjualan secara
online, seorang copywriter juga harus memikirkan kalimat seperti apa yang mampu
mengajak para konsumen untuk membeli produknya. Jika perlu, membuat para calon
konsumen merasa harus membeli produk atau jasa tersebut.
Indari Mastuti
selaku founder dan CEO Indscript Creative Bandung melakukan webinar bersama Sashica
Aurelia yang mana para pesertanya adalah ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas
Ibu-Ibu Doyan Bisnis.
Sang pembicara,
Sashica Aurelia, memberikan ilmu baru kepada para ibu-ibu yang memiliki usaha
online tentang teknik copywriting. Apa saja tekniknya? Yuk simak sampai akhir!
Dalam teknik marketing
secara digital diperlukannya teknik menulis untuk memasarkan produk. Penulisan untuk
memasarkan produk ini perlu dipelajari agar calon konsumen tidak kebingungan
dan merasa butuh untuk membeli produk.
Call To Action
Teknik
copywrting yang pertama ini sudah banyak digunakan oleh para copywriter atau pemilik
bisnis online. Teknik call to action adalah cara penulisan untuk memancing
respon calon konsumen mengunjungi website, laman, atau toko online milik pebisnis.
Ada banyak kalimat yang biasanya dipakai, seperti:
- ·
Untuk informasi
lebih lanjut klik link di bio.
- ·
Silakan hubungi
nomor WA untuk detil produk.
- ·
Kamu bisa
konsultasi melalui telegram.
- ·
Untuk katalog
lengkap produk, silakan kunjungi website kami.
Kalimat ajakan seperti
contoh di atas adalah teknik copywriting call to action. Mengajak calon
konsumen untuk mengunjungi link, website, WA. Teknik ini lebih sering kita
jumpai di gerai online langganan kan.
Call To Value
Tidak semua
pebisnis online menggunakan teknik copywriting yang kedua ini, call to value.
Teknik ini adalah cara seorang copywriter menjelaskan kepada calon konsumen
mengenai fungsi, keunggulan, dan pemecahan permasalahan yang dihadapi oleh
calon pembeli.
Dengan teknik
ini, calon konsumen bisa saja merasa sangat membutuhkan produk atau jasa yang
ditawarkan. Teknik call to value ini tidak kalah penting, lho! Memberikan
edukasi kepada para calon konsumen melalui sebuah tulisan sehingga calon konsumen
tidak ragu untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- ·
Pekerjaan yang
menyita waktu seringkali membuat kita tidak melakukan olahraga secara rutin. Kini
dengan hadirnya produk dari kami, Anda tidak perlu lagi khawatir.
- ·
Lupakan cara
diet yang menyengsarakan. Produk kami dapat membantu menurukan berat badan Anda
dengan cara yang menyenangkan.
Nah, itu adalah contoh dari teknik call to value. Jika, Anda merasa bingung dan kurang mahir dalam menuliskan kalimat yang baik dan benar dalam hal copywriting, tidak ada salahnya jika Anda menyewa jasa copywriter seperti yang disediakan oleh Indscript Creative Bandung.
Komentar
Posting Komentar