Bahasa untuk Promosi itu Penting
Pernahkah teman-teman berpikir menggunakan bahasa yang cenderung santai untuk mempromosikan produk yang teman-teman tawarkan di pasar?
Bahasa untuk
promosi memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil penjualan produk yang
ditawarkan. Bahasa mengajak untuk membeli kini mulai ditinggalkan dan beralih seperti
sebuah testimoni yang memberikan solusi atas permasalahan pelanggan.
Misalnya begini,
ketika teman-teman berselancar di dunia toko online dan ingin membeli suatu
barang, hal yang tidak luput dilakukan oleh teman-teman adalah melihat testimoni,
rating barang, dan rating toko online tersebut bukan? Peralihan promosi produk
kini telah berganti dari yang sebelumnya menggunakan bahasa ajakan dengan kata
kunci “Ayo!” kini telah berubah menjadi “Barang bagus, sesuai dengan gambar,”
atau “produknya memuaskan, saya akan beli lagi di sini,” dari testimoni.
Peralihan isi
konten pemasaran atau promosi inilah yang perlu diperhatikan oleh pemilik usaha
atau bagian marketing. Bagaimana bahasa pemasaran telah mengalami perubahan,
dan ini memengaruhi tingkat penjualan produk. Bahkan, tidak jarang bahasa pemasaran
atau promosi menggunakan bahasa santai sehari-hari.
Ada beberapa
alasan mengapa menggunakan bahasa santai atau sehari-hari penting untuk
digunakan dalam ranah promosi produk? Berikut beberapa alasannya.
1. Lebih dekat dengan pelanggan
Penggunaan bahasa
santai atau sehari-hari untuk pemasaran atau promosi produk seolah-olah membuat
penjual dan pembeli adalah teman lama yang baru berjumpa kembali. Bahasa santai
ini juga memberikan efek psikologi terhadap pelanggan bahwa penjual nampak
ramah dan enak untuk dijadikan sebagai teman.
Penggunaan bahasa
santai saat ini disukai oleh pasar. Seolah ini menandakan tidak ada jarak
antara penjual dan pembeli.
2. Realita sehari-hari
Realita sehari-hari
dapat dimunculkan dari penggunaan bahasa sehari-hari. Misalnya penggunaan produk
dalam testimoni akan terasa lebih dekat dengan kejadian sehari-hari dan secara
tidak langsung dapat memengaruhi pembeli untuk membeli produk tersebut, bahkan
pembeli secara tidak sadar merasa membutuhkan produk yang telah diulas dalam
testimoni dengan bahasa sehari-hari.
3. Mudah dipahami
Penggunaan bahasa
sehari-hari dalam promosi, baik menggunakan bahasa daerah setempat maupun
bahasa Indonesia akan memiliki efek mudah dimengerti oleh pelanggan. Namun
demikian, alangkah baiknya jika menggunakan bahasa Indonesia, namun yang tidak formal.
Penggunaan bahasa
dalam promosi memang tidaklah mudah. Membutuhkan waktu tidak sedikit hanya
untuk membuat satu dua kalimat sebagai bahan promosi produk. Nah, untuk
permasahalan ini, tahukah teman-teman bahwa ada lho perusahaan yang menyediakan
jasa penulisan promosi dengan menggunakan bahasa sesuai kebutuhan teman-teman?
Perusahaan tersebut
bernama Indscript Creative Bandung. Metode bahasa yang digunakan dalam promosi bernama
copywriting. Copywriting memiliki peran penting dalam hal pemasaran.
Selain bahasa, desain untuk medium pemasaran juga tidak kalah penting. Misalnya,
teman-teman menggunakan e-poster sebagai bahan untuk menunjuang pemasaran. Kalimat
dan bahasa yang digunakan untuk pemasaran dibuat sesuai dengan permintaan
teman-teman.
Tim Indscript Creative
Bandung yang menangani layanan jasa penulisan dan desain promosi adalah profesional
di bidangnya. Jadi, teman-teman tidak perlu lagi khawatir dengan kualitas hasil
tulisan maupun desain untuk bahan pemasaran. Selain itu, teman-teman akan
mendapatkan beberapa bentuk medium yang bisa digunakan sebagai bahan promosi di
media sosial yang dimiliki perusahaan teman-teman. Misalnya desain promosi
dalam bentuk video yang dapat diunggah di story sosial media maupun YouTube. E-poster
yang bisa digunakan sebagai bahan pemasaran atau promosi melalui sosial media
Instagram dan Facebook, dan masih banyak lagi.
Komentar
Posting Komentar